10+ Rekomendasi Anime Basket Terbaik - Soal Game

Rabu, 30 Januari 2019

10+ Rekomendasi Anime Basket Terbaik

Berbicara tentang anime tentu tak akan ada habisnya. Animasi khas Jepang ini punya banyak sekali penggemar yang datang dari beragam usia mulai dari mereka yang masih kecil hingga mereka yang sudah dewasa.


Keberagaman usia ini lah yang melahirkan banyak genre dalam dunia Anime. Mulai dari genre ringan seperti slice of life dan school hingga yang berat seperti horror dan thriller. Semua yang kamu butuhkan bisa anime wujudkan, sobat.


Buat sobat yang berjiwa muda dan dinamis, topik genre yang akan kita bahas disini cocok banget untuk kamu, lho. Ya, kali ini anime sport yang akan dibahas.


Anime sport adalah salah satu genre di dalam anime yang mana biasanya suatu cabang olahraga dijadikan objek untuk mengantarkan premis tentang mengejar kemenangan.


Tema ini penuh akan nilai-nilai inspiratif sekaligus edukatif dimana sobat akan disajikan banyak adegan pertandingan di dalamnya.


Nah, cabang olahraga yang akan kami bawa kali ini adalah olahraga basket. Sobat tentu tak asing dengan olahraga memasukkan bola ke dalam ring ini, kan?


Terhitung ada beberapa judul anime sport yang membawa basket sebagai objek. Buat sobat yang penasaran apa saja itu, sobat berada di tempat yang tepat. Kami akan merangkum anime-anime basket apa saja kah yang layak untuk sobat lirik. Simak baik-baik, ya!


10. Anime Basket Terbaik “Ahiru no Sora”


Berbicara tentang anime tentu tak akan ada habisnya 10+ Rekomendasi Anime Basket Terbaik

Ahiru no Sora


Meski belum ditentukan kapan waktu tayang resminya, anime sport bertema bola basket, pertandingan memasukkan bola ke dalam ring berjudul Ahiru no Sora ini sudah dipastikan akan diadaptasi ke dalam bentuk anime sebentar lagi.


Tak perlu risau dan gusar, karena Ahiru no Sora diangkat dari manga, lho. Manganya sendiri mengisahkan tentang si tokoh utama bernama Kurumatani Sora, remaja yang sudah pasti pecinta basket dan punya hasrat kuat untuk menjadi pemain basket.


Hal ini diilhami dari sang ibu yang dulunya merupakan seorang pemain basket yang mana membuat Kurumatani sudah bermain basket sejak kecil. Kemudian si Kurumatani ini masuk ke dalam sebuah tim basket di sekolah barunya.


Cerita bergulir menampilkan perjalanan Kurumatani untuk menjadi pemain basket handal yang mana penuh dengan intrik dan kisah perjuangan. Mampu kah Kurumatani menyamai kemampuan ibunya?


Jika sobat penasaran dan tak sabar menunggu versi animenya tayang, sobat bisa langsung menuju situs membaca manga yang tentunya legal untuk mengetahui bagaimana sang tokoh utama berproses. Saran kami, tahan lah rasa penasaran sobat biar gak spoiler.


Jumlah episode: TBA (To Be Announced)


Skor kami: 6,3/10


9. Anime Basket Terbaik “Mitsu x Mitsu Drops (Honey x Honey Drops)”


Berbicara tentang anime tentu tak akan ada habisnya 10+ Rekomendasi Anime Basket Terbaik

Mitsu x Mitsu Drops (Honey x Honey Drops)


Bukan rahasia umum jika anime sport itu identik dengan para shounen (shounen adalah sebutan bagi remaja laki-laki) dan memang mereka lah target utamanya. Sobat akan nemuin banyak anime sport yang sarat akan sisi maskulinitas yang disajikan dalam tiap judulnya.


Namun apa jadinya jika kali ini shoujo (shoujo adalah sebutan bagi remaja perempuan) dijadikan sebagai target utamanya? Nah, di nomor paling awal ini, kami punya satu rekomendasi anime sport yang tentunya basket dimana ia mengambil perspektif feminim dalam bercerita.


Adalah Mitsu x Mitsu Drops (Honey x Honey Drops) adalah satu-satunya anime sport yang menggabungkan tema sport dan romance ala anime shoujo. Mengisahkan tentang sebuah akademi bernama Houjo dan sebuah klub kursus di dalamnya yang bernama Kuge.


Kuge ini hanya diisi oleh orang-orang elit, lho.. Kemudian cerita membawa kita ke tokoh bernama Kai Renge yang menyesal setelah mendaftar di klub tersebut apalagi ia kini seakan diperlakukan sebagai budak.


Dengan premis diatas dan melihat sekilas animenya, kami yakin kamu bakal langsung menyadari kalau ini adalah anime shoujo.


Jumlah episode: 2 (Berbentuk OVA)


Skor kami: 6,5/10


8. Anime Basket Terbaik “I’ll/CKBC”


Berbicara tentang anime tentu tak akan ada habisnya 10+ Rekomendasi Anime Basket Terbaik

I’ll/CKBC


Anime sport tak melulu hanya berisi pertandingan sengit dan berfokus di titik itu saja. Sebuah produksi anime sport yang baik adalah yang menyeimbangkan plot awal dengan penggambaran karakter serta intrik di dalamnya.


Hal ini diharapkan agar jalannya cerita tidak membosankan. Nomor selanjutnya datang dari anime yang hadir dalam bentuk OVA dengan 2 episode saja berjudul I’ll/CKBC.


Judulnya memang terdengar asing dan tidak menjual, tapi simak lah dulu sinopsisnya karena apa yang ditawarkan I’ll/CKBC cukup menarik, sobat.


Cerita berpusat pada dua tokoh utama bernama Tachibana dan Hiiragi. Keduanya adalah rival dalam olahraga basket yang selalu bersaing secara brutal. Waktu pun berlalu, kini mereka dipersatukan dalam sebuah tim basket.


Tapi keluarga Hiiragi menentangnya. Lantas hal ini membuat keduanya kembali bersaing. Dengan intrik keluarga yang dibawanya, I’ll/CKBC terasa kokoh dari segi penggambaran tokoh dan objektifitas olahraga basket.


Jika sobat membutuhkan anime sport dengan ikatan pertemanan, persaingan, dan kekeluargaan yang kuat, I’ll/CKBC layak untuk masuk daftar tontonan sobat.


Jumlah episode: 2 (Berbentuk OVA)


Skor kami: 6,7/10


7. Anime Basket Terbaik “Ro-Kyu-Bu!”


Berbicara tentang anime tentu tak akan ada habisnya 10+ Rekomendasi Anime Basket Terbaik

Ro-Kyu-Bu!


Jika sobat mencari anime sport non-konvensional dalam artian agak nyeleneh dan terkesan ada maksud terselubung di dalamnya, maka pastikan sobat menyaksikan Ro-Kyu-Bu!. Nomor anime basket yang satu ini hampir gak ada tokoh pria di dalamnya yang mana hal ini tentu aneh.


Anime basket selalu dan pasti menampilah tokoh-tokoh pria sebagai pemainnya. Namun apa jadinya jika kali ini giliran para perempuan-perempuan mungil yang berdiri di atas lapangan? Ro-Kyu-Bu! hadir untuk menjawab pertanyaan sobat.


Mengisahkan tentang kelima gadis yang tergabung di dalam sebuah tim basket sekolah. Kelimanya kini mendapatkan pelatih pria baru yang merupakan siswa sekolah menengah. Dimulai lah perjalanan kelimanya dengan hasrat bermain basket yang penuh semangat.


Ro-Kyu-Bu! sarat akan fanservice terlebih ada unsur ecchi didalamnya. Tentu Ro-Kyu-Bu! bukan lah tontonan yang aman untuk semua kalangan, sobat. Buat kamu yang gak mentingan bola basketnya tapi kelima gadis loli (sebutan bagi gadis mungil),  Ro-Kyu-Bu! cocok untuk kamu simak.


Jumlah episode: 12


Skor kami: 6,8/10


6. Anime Basket Terbaik “Buzzer Beater”


Berbicara tentang anime tentu tak akan ada habisnya 10+ Rekomendasi Anime Basket Terbaik

Buzzer Beater


Nomor lain dari anime sport bertemakan basket yang tampil nyeleneh dan bikin kita mengernyitkan alis adalah Buzzer Beater.


Jika sobat berpikir akan mendapatkan anime dengan fokus utama pertandingan basket melalui anime yang tayang tahun 2005 lalu ini, maka kamu salah.


Kenapa kami bisa salah? Karena apa yang akan sobat dapatkan melalui Buzzer Beater ini nantinya akan sangat jauh dari ekspetasi sobat.


Kami yakin Buzzer Beater adalah satu-satunya anime basket yang menampilkan pertandingan antara manusia dan alien yang sobat pernah saksikan. Seperti apa sinopsisnya?


Secara garis besar, Buzzer Beater mengisahkan tentang peradaban zaman yang sudah sangat maju dimana kini alien ikut bertanding dalam sebuah turnamen bola basket.


Adalah Hideyoshi dan tim basket yang keseluruhan pemainnya “masih” manusia mencoba mengembalikan bola basket ke arah yang semestinya.


Meski terdengar aneh dan gak kebayang, tenang saja. Melalui Buzzer Beater kamu akan disuguhkan pertandingan sengit antara manusia dan alien.


Premis manusia dan alien normalnya sering kita temui dalam genre seperti adventure, thriller, maupun isekai. Tapi apa jadinya jika kini diaplikasikan dalam anime sport?


Jumlah episode: 13


Skor kami: 7/10


5. Anime Basket Terbaik “Basquash!”


Berbicara tentang anime tentu tak akan ada habisnya 10+ Rekomendasi Anime Basket Terbaik

Basquash!


Jika dirasa Buzzer Beater belum cukup nyeleneh buat kamu, kini giliran Basquash! yang unjuk gigi, sobat. Anime yang tayang hampir 10 tahun yang lalu ini menggunakan konsep pendekatan isekai dalam mengeksplorasi dunia basket.


Buat kamu yang suka isekai, kamu wajib simak anime ini. Mengisahkan tentang dunia fantasi bernama Earthdash, planet yang teknologinya sudah sangat maju dan jauh dari apa yang ada di bumi.


Kemudian cerita membawa kita untuk berkenalan dengan JD, bocah laki-laki penduduk Earthdash yang terjebak dalam sebuah permainan bola basket. Permainan bola basket itu tidak biasa, sobat.


Di permainan tersebut bukan manusia lah yang saling bertanding, namun robot-robot raksasa bernama Bigfoot. JD kemudian terjebak dan terbawa masuk ke permainan memasukkan bola ke dalam ring ini. Mampu kah JD memenangkan pertandingan tersebut?


Sama seperti Buzzer Beater, lewat Basquash! sobat gak akan nemuin pemain basket yang biasa-biasa saja. Jika sobat menginginkan anime sport dengan bumbu isekai beserta sci-fi, maka jangan lupa untuk memasukkan Basquash! ke dalam list tontonan sobat, ya!


Jumlah episode: 26


Skor kami: 7,2/10


4. Anime Basket Terbaik “Dear Boys (Hoop Days)”


Berbicara tentang anime tentu tak akan ada habisnya 10+ Rekomendasi Anime Basket Terbaik

Dear Boys (Hoop Days)


Jika dua judul diatas: Buzzer Beater dan Basquash! tampil nyentrik dalam mengeksekusi dunia per-bola basket-an dan sobat ternyata tidak cocok dengan eksekusi seperti itu, jangan khawatir karena judul yang satu ini hadir down to earth dan mampu dinalar logika.


Dear Boys (Hoop Days) seperti kebanyakan judul anime sport kebanyakan, membawa premis yang terbilang klise namun elemen-elemen didalamnya sangat membantu untuk membuat cerita yang dibawakan jauh dari kata klise dan membosankan. Penasaran? berikut sinopsisnya.


Menceritakan tentang seorang kapten tim basket bernama Aikawa Kazuhiko yang pindah sekolah ke SMA Mizuho dimana di sekolah ini terdapat tim bola basket yang sedang mati suri dan namanya bak hilang ditelan bumi. Kazuhiko kemudian bergabung dengan tim ini.


Dengan tekad yang kuat, Kazuhiko berkeinginan untuk membawa nama tim basket ini kembali ke kejayaannya. Melalui keterampilan dan permainan gigih yang Kazuhiko sajikan, anggota-anggota tim lainnya pun terinspirasi dan mulai memoles kembali kemampuan mereka untuk bertanding.


Jumlah episode: 26


Skor kami: 7,6/10


3. Anime Basket Terbaik “Dash! Kappei”


Berbicara tentang anime tentu tak akan ada habisnya 10+ Rekomendasi Anime Basket Terbaik

Dash! Kappei


Anime bertemakan basket yang satu ini membawa pesan tersirat tentang penerimaan diri bagaimana pun bentuknya dan bentuk tubuh bukan lah halangan untuk mencapai kesuksesan.


Sebuah pesan yang dalam, ini lah yang coba Dash! Kappei sampaikan. Anime lawas yang wajib sobat simak. Mengisahkan tentang seorang pemain basket handal bernama Kappei.


Tak seperti kebanyakan pemain basket yang identik dengan tubuh besar dan tinggi, si Kappei ini relatif pendek dan mungil sekali, sobat. Tapi coba bayangkan, dengan tubuh sekecil itu Kappei mahir sekali lho dalam bermain basket.


Keseluruhan cerita membawa kita untuk menyaksikan Kappei melawan tim tim basket lainnya. Sobat akan disuguhkan penampilan ciamik dan lucu dari Kappei.


Menonton Dash! Kappei meskipun terkesan jadul namun eksekusi pertandingan basketnya patut diperhitungkan, sobat. Yang perlu diingat adalah bahwa anime ini sarat akan unsur-unsur ecchi dan fanservice.


Meski pun tak tampil terlalu eksplisit, berhati-hati lah sobat. Jika kamu mencari anime basket dengan bumbu komedi nakal, Dash! Kappei adalah nomor wajib bagi kamu. Jangan dilewatkan, ya!


Jumlah episode: 65


Skor kami: 8/10


2. Anime Basket Terbaik “Slam Dunk”


Berbicara tentang anime tentu tak akan ada habisnya 10+ Rekomendasi Anime Basket Terbaik

Slam Dunk


Menuju nomor final, pilihan untuk menentukan mana yang terbaik sulit sekali, sobat. Kali ini di urutan runner up ada anime bertemakan basket yang kami yakini banyak dari kamu yang sudah tahu dan sering mendengarnya di mana pun.


Ya, Slam Dunk namanya. Siapa sih yang gak tahu anime mega besar ini? Slam Dunk berhasil menjadi salah satu anime sport yang melegenda dan disenangi bahkan hingga hari ini.


Anime yang identik dengan warna merah ini tayang perdana tahun 1993 silam dan masih sering dibicarakan di forum-forum penggemar anime di seluruh dunia. Tak heran jika menamai Slam Dunk sebagai legenda.


Mengisahkan tentang mantan preman bin onar bernama Hanamichi Sakuragi yang berangkat dari kebenciannya terhadap apapun menyangkut bola basket karena penolakan cinta yang harus diterimanya.


Kebenciannya ini juga yang mengantarkan ia pada apa arti sebenarnya basket untuknya. Cerita bergulir menampilkan Sakuragi dan perjalanannya mencari arti dari basket.


Dengan premis awalnya yang kuat, cerita berjalan stabil hingga mencapai klimaksnya. Kami sangat merekomendasikan sobat untuk menonton Slam Dunk karena eksekusinya yang luar biasa.


Jumlah episode: 101


Skor kami: 8,5/10


1. Anime Basket Terbaik “Kuroko no Basket (Kuroko’s Basketball)”


Berbicara tentang anime tentu tak akan ada habisnya 10+ Rekomendasi Anime Basket Terbaik

Kuroko no Basket (Kuroko’s Basketball)


Di urutan puncak ada Kuroko no Basket (Kuroko’s Basketball) yang banyak digilai para penggemar anime di luar sana. Kuroko no Basket (Kuroko’s Basketball) adalah satu-satunya anime bertemakan basket yang cocok disandingkan dengan sang maestro terdahulu, Slam Dunk.


Mengisahkan tetang sekelompok pemain basket tampan dan yang pastinya handal dalam permainan basket. Kelima orang ini hadir dengan skill berbeda-beda yang mana sangat menguntungkan di dalam pertandingan.


Tujuan mereka adalah satu: mengharumkan nama sekolah mereka. Mampu kah mereka?


Penuh dengan nilai-nilai persahabatan, taktik, dan strategi, menjadikan Kuroko no Basket (Kuroko’s Basketball) sangat layak untuk sobat tonton. Satu yang menarik, anime ini juga menghadirkan banyak unsur komedi, lho.


Meski banyak akan sajian fanservice di dalamnya, Kuroko no Basket (Kuroko’s Basketball) mampu tampil serius saat menyorot pertandingan basket. Yang membuatnya lebih unggul dari Slam Dunk adalah Kuroko no Basket (Kuroko’s Basketball) tampilkan.


Jumlah episode: 25


Skor kami: 9/10


Itu dia tadi sobat ke-10 anime basket terbaik yang sudah berhasil kami rangkum untuk sobat sekalian yang sedang mencari anime sport dengan cabang olahraga basket sebagai sajian utamanya.


Buat sobat yang mencari anime bertemakan basket dengan nilai-nilai inspiratif kuat, maka anime-anime di atas sangat pas untuk sobat jadikan referensi terlebih jika kamu memang berkecimpung dalam dunia basket. Silahkan pilih judul mana yang sobat rasa menarik.


Satu yang perlu diingat adalah: tidak semua anime diatas aman ditonton untuk segala usia. Nyatanya ada beberapa judul yang mengandung konten rated untuk menunjang cerita di dalamnya. Maka, bijaklah sebelum menonton dan pastikan kamu sudah membawa dengan seksama.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share ke teman-teman terdekat sobat, ya!



Sumber: https://ponselsoak.com/
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done